Press
Release, siaran pers, atau rilis adalah informasi –biasanya berupa naskah
berita– yang dibuat oleh Public Relations (PR) atau Hubungan Masyarakat
(Humas) suatu organisasi, perusahaan, atau instansi yang disampaikan kepada media massa untuk
dipublikasikan dalam media massa tersebut.
Cara menulis press release sama
dengan penulisan naskah berita.
Dengan kata lain, naskah siaran pers sama dengan naskah berita berita
–khususnya berita langsung (straight news).
Rilis
–sebagaimana berita—berisi fakta atau rekonstruksi peristiwa dengan kandungan
elemen berita 5W+1H: What (Apa yang terjadi), Who (Siapa pelaku atau orang yang
terlibat dalam kejadian itu), Why (Kenapa hal itu terjadi), When (Kapan
kejadiannya), Where (Di mana terjadinya), dan How (Bagaimana proses
kejadiannya).
Rilis
pun mesti mengandung News Values atau nilai berita (aktual, faktual, penting,
dan menarik) sehingga layak muat (fit to print).
Struktur
tulisannya terdiri dari judul (head), teras berita (lead), dan isi berita
(body).
Prinsip
penulisan rilis mengedepankan fakta terpenting (model piramida terbalik,
inverted pyramid) serta tidak mencampurkan fakta dan opini.
Cara Menulis Press Release
Judul
berita harus kalimat lengkap, minimal Subjek + Predikat, dan menggunakan
kalimat aktif.
Teras
sebaiknya mengedepankan subjek/pelaku –who does what; siapa melakukan apa,
kapan, di mana, kenapa, dan bagaimana; isi berupa penjelasan unsur why dan how.
Tips
·
Pelajari
gaya bahasa media yang menjadi target pengiriman
rilis.
·
Tulislah
siaran pers dengan gaya media tersebut.
·
Pilih
judul yang positif (aktif), bukan pasif.
·
Paragraf
pertama (lead) harus jelas dan ringkas.
·
Gunakan
bahasa jurnalistik –ringkas
dan lugas, kalimat dan paragraf pendek-pendek, hindari anak kalimat.
·
Tulislah
fakta & data saja, bukan opini/pandangan.
·
Ketiklah
hanya pada satu sisi kertas.
·
Selalu
beri tanggal.
·
Selalu
cantumkan nama kontak dan nomor telepon bagian akhir naskah.
·
Gunakan
kertas surat resmi & cantumkan label “Siaran Pers” di bawah logo/sebelum
naskah.
·
Pelajari
editorial policy, frekuensi penerbitan, tanggal/tenggat terbit, deadline,
daerah sirkulasi, serta jangkauan dan segmen pembaca.
Teknis pengiriman rilis bisa melalui mail, faks, pos, bisa ditujukan kepada wartawan yang sudah dikenal, dan jangan lupa kofirmasi via telepon. Contoh naskah Press Release yang saya buat dapat dilihat di UNIMIG.ORG.
Contoh Press Release
Catering, Kantong Mahasiswa
Kualitas Bintang Lima
Surabaya, 9 Mei 2014
Dua orang mahasiswa UNESA dan UIN Sunan Ampel Surabaya yaitu Binti Saizatul Sholikhah dan Badik Rahmawati membuka usaha catering yang diberi nama “Lativa Catering.” Melihat kondisi mahasiswa dan pekerja kantoran yang aktif dalam kegiatan sehari-harinya, maka lativa chatering menyediakan beberapa fasilitas yang memudahkan berupa penyajian makanan yang hemat dan sehat baik dari segi kualitas maupun kuantitas.
Usaha makanan
tersebut ditujukan untuk kalangan mahasiswa dan pegawai kantoran khususnya yang
tidak ada waktu memasak. Jadi, lativa catering ingin melayani dan memberi
kepuasan terhadap makanan yang dikonsumsi. Seperti motto yang dipakainya yaitu
“anda puas kami senang”, maka lativa catering menyajikan pesanan dengan ramah,
sopan , free delivery serta makanan yang higienis merupakan tujuan pokok dari
lativa catering.
Outlet lativa
catering berada di ketintang gang XI nomer 19 Surabaya. Harga dari makanan pun
terjangkau menyesuaikan kantong mahasiswa khususnya yaitu kisaran harga Rp
8.000,- sampai Rp 10.000,-. Sedangkan untuk warga kantoran juga sama. Menu yang
ditawarkan ada ayam, sayur, lauk pauk berupa tahu naget ataupun jenis lainnya.
Menu juga sesuai selera konsumen. Bisa dipesan satu hari sebelumnya apabila
menu ditentukan oleh konsumen. Lativa catering juga menyediakan paket makanan
mulai harian, mingguan dan bulanan.
Lativa catering
buka mulai hari senin-jumat, jam 05.00 s.d. 17.00, namun juga melayani via
online di Facebook “Lativa Catering”, twitter @lativacatering serta di group
BBM lativa catering (328C7B31).
Alamat Lativa
Catering: Ketintang gang XI nomer 19 Surabaya, Indonesia.
Contact person:
Badik (085746503235)
Binti (085755279355)
Badik (085746503235)
Binti (085755279355)
Source
:
www.romeltea.com
http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2014/05/09/contoh-press-release-655277.html
Many issues mention about cockfight in philipine, we are from ayam bangkok termahal want to explain that. You can read our article. Thanks.
BalasHapusAWESOME THE PROMOTION OF GIRL BEAUTIFUL SALES KLIK HERE PISAU SABUNG AYAM
BalasHapusGOOD PRICE AND CHEAP
http://www.gorengayam.co
PLEASE PRICE DIRECTLY
https://123gulaiayam.wixsite.com/gulaiayammarketing/blog/metode-merawat-ayam-petarung-yang-terluka-di-mata
Common Denominator adalah wujud pengakuan bahwa manusia itu tidak sama. "Bhineka Tunggal Ika" mungkin dapat diartikan Common Denominator karena memiliki makna yang menyerupai yaitu "Walaupun berbeda beda tetapi Satu Jua". Istilah inilah yang akan dibahas tentang (Baca Selengkapnya...)
BalasHapus